pakan alternatif lele dengan azolla

Banyak informasi yang berkaitan dengan padat tebar ikan lele, dan dari berbagai sumber ada bermacam-macam pendapat mengenai idealnya padat tebar pada budidaya ikan lele. Pembudidaya yang satu mengatakan 100ekor/m2, yang lain mengatakan 200ekor/m2, ada juga yang mengatakan 400ekor/m2, bahkan ada juga yang 600ekor /m2. Jumlah padat yang bervariasi tersebut dikarenakan teknik pengelolaan yang berbeda dan pengalaman serta keahlian masing-masing pembudidaya ikan lele. Semua tergantung pada teknik pemeliharaan yang kita gunakan, yaitu dengan sistem Organik, Sistem Bioflok, ataupun sistem-sistem lainnya.

Walaupun lele mampu hidup dalam lingkungan yang minim oksigen dan air yang sedikit, kenyataannya untuk mendapatkan keuntungan maksimal dari usaha pembesaran lele ini, kita harus tahu kepadatan tebar bibit lele yang mampu memberi dukungan pertumbuhan optimal lele itu sendiri sehingga kendala seperti penyakit atau kanibalisme tidak banyak.
Dengan teknik dan pemilihan jumlah padat tebar yang tepat, Lele yang dibudidaya akan cepat dipanen. Berikut padat tebar ideal untuk budi daya lele dengan teknik organik:

Kolam lele dengan sistem sirkulasi

  • Untuk kolam ketinggian air 0,75 m, padat tebar yang dianjurkan 200 ekor/m2.
  • Untuk kolam ketinggian air 1,25 m, padat tebar yang dianjurkan 300 ekor/m2.

Kolam lele tanpa sistem sirkulasi

  • Untuk kolam ketinggian air 0,75 m, padat tebar yang dianjurkan 75 ekor/m2.
  • Untuk kolam ketinggian air 1,25 m, padat tebar yang dianjurkan 150 ekor/m2.
CATATAN: Jika baru terjun atau baru memulai budidaya ikan lele, silahkan gunakan teknik organik dengan padat tebar sebanyak 100/m2. Nanti jika sudah terbisa dan cukup berhasil, silahkan gunakan teknik diatas.
Share on Google Plus

About azolla magelang

Azolla Magelang adalah pembibitan Azolla Microphylla, kami menerima pemesanan bibit azolla atau menjual bibit azolla microphylla dikirim ke seluruh indonesia, info 08562571577
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.