Pemanfaatan Tepung Azolla Sebagai Bahan Pakan Sumber Protein Untuk Ternak Ayam


Tanaman Azolla atau paku air merupakan tanaman yang biasa hidup di atas permukaan air, Azolla mudah ditemukan di seluruh wilayah Indonesia. Selama ini para petani menganggap Azolla sebagai gulma yang mengganggu tanaman pertanian mereka, sehingga Azolla banyak dibuang begitu saja oleh para petani. Azolla berproduksi dengan cepat, karena hanya dalam hitungan 3 – 5 hari, tanaman Azolla dapat tumbuh dan berkembang dua kali lipat dari berat segar awalnya. Tepung Azolla sudah mulai banyak diteliti dalam peruntukannya sebagai bahan pakan. Azolla kaya dengan protein, serta mengandung asam amino yang penting bagi tubuh ternak, oleh karenanya Azolla memiliki potensi untuk dimanfaatkan sebagai bahan pakan sumber protein. Dalam pemanfaatannya sebagai bahan pakan untuk ayam, Azolla dibatasi oleh adanya kandungan serat kasar, NDF, ADF, serta tannin yang cukup tinggi yang terdapat ada di dalamnya, sehingga untuk ayam broiler penggunaan tepung Azolla dibatasi sampai tingkat penggunaan 5% dan untuk ayam petelur sampai 10%. Pada ayam petelur tepung Azolla dapat memperbaiki pigmentasi kuning telur dan warna kulit. Dengan segala potensi yang dimilikinya, mulai dari kecepatannya berproduksi, kemudahan budidaya, serta nilai gizi yang ada, Azolla termasuk sumber bahan pakan tidak konvensional yang paling menjanjikan untuk dijadikan sebagai sumber protein untuk ternak.

DESKRIPSI AZOLLA
Azolla adalah tanaman pakis air yang berbentuk segitiga atau polygonal, tumbuh mengapung serta mengambang di permukaan air kolam, selokan dan sawah pada daerah beriklim tropis dan sub tropis, genus ini adalah satu-satunya dari keluarga Azollaceae dan memiliki enam sampai delapan spesies yang diakui (TEIXEIRA et al., 1996). Tumbuhan Azolla dalam taksonomi tumbuhan mempunyai klasifikasi sebagai berikut (ARIFIN, 1996):
Kingdom         : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom    : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Divisi               : Pteridophyta
Kelas              : Leptosporangiopsida (heterosporous)
Ordo              : Salviniales
Famili              : Salviniaceae
Genus            : Azolla
Spesies           : A. filiculoides, A. caroliana, A. mexicua, A. microphylla, A. pinnata, dan A. nilotica.

Share on Google Plus

About azolla magelang

Azolla Magelang adalah pembibitan Azolla Microphylla, kami menerima pemesanan bibit azolla atau menjual bibit azolla microphylla dikirim ke seluruh indonesia, info 08562571577
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.